Tips Cara Menghitung Jumlah Porsi Catering Pernikahan

Pernikahan Paket B dari Puspita Sawargi
Pernikahan Paket B dari Puspita Sawargi

Pada artikel kali ini Onikah akan bercerita seputar tips dalam menghitung porsi catering pernikahan pada resepsi pernikahan. Hal ini penting, karena tentu kita tidak ingin kalau sampai sebagian tamu undangan tidak kebagian makanan karena jumlah makanan yang disediakan kurang dari jumlah tamu undangan.

Di sisi lain, memesan porsi catering pernikahan yang berlebihan juga mubadzir dan akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menghitung jumlah porsi catering pernikahan dengan sebaik-baiknya.

Pada artikel di bawah ini Onikah akan membagikan tips cara menghitung jumlah porsi catering pernikahan dengan tepat.

Step 1 Untuk Menghitung Catering Pernikahan: Jumlah Undangan x 2

Ketika Anda mengundang banyak tamu, pastikan jumlah catering pernikahan nantinya sebanding dengan jumlah tamu undangan yang hadir. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah mengalikan jumlah undangan dengan faktor 2. Hal ini berdasarkan asumsi bahwa tamu yang diundang akan membawa serta pasangannya. Walaupun ada juga yang membawa serta keluarganya untuk hadir, atau datang seorang diri, namun mengalikan porsi catering pernikahan dengan faktor 2 masih dirasa paling ideal hingga saat ini.

BACA JUGA  8 Hal Penting Terkait Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Diabaikan

Step 2: Tambahkan dengan jumlah keluarga dan panitia

Meskipun Anda sibuk memikirkan layanan buat tamu undangan yang akan hadir, tetapi jangan sampai Anda lupa keluarga sendiri. Tambahkan jumlah keluarga kalian berdua ke dalam jumlah di atas. Anda bisa memperkirakan ini dari mendata keluarga dari kamu, pasangan, dan orang tua masing-masing.

Step 3: Mengurangi dengan faktor ketidakhadiran (umumnya 10%)

Ketika Anda mengundang tamu, tidak ada yang menjamin bahwa semua tamu undangan dapat hadir. Terkadang ada sebagian tamu undangan yang kebetulan memiliki agenda lain yang membuat mereka tidak dapat hadir. Karenanya, lakukan pengurangan sebesar 10% dari porsi total awal. Angka ini bisa kurang, lebih, atau tidak sama sekali, sesuai dengan kondisi masing – masing keluarga.

Jadi, seandainya Anda menyebarkan 750 undangan dan menggunakan faktor ketidakhadiran sebesar 10% ini, maka:

Anda perlu undangan? Souvenir? Cek di sini gudangnya....

  • Total                                : 750 x 2 = 1500 pax
  • Faktor Ketidakhadiran   : 10% x 1500 = 150 pax
  • Hasil                                 : 1500 – 150 = 1350 pax

Sehingga total jumlah catering pernikahan yang harus Anda pesan adalah 1350 pax.

Step 4: Perbandingan Buffet dan Stall. Rasio 60: 40 dan 50: 50

Anda juga perlu berlaku bijak dalam membagi porsi pada buffet dan stall pada catering pernikahan yang Anda pesan. Sebagai panduan umum, perbandingan 60:40 biasa digunakan untuk acara pernikahan pada siang hari, yang artinya 60% porsi buffet, dan 40% porsi stall.

BACA JUGA  17 Dekorasi Pernikahan yang Paling Banyak Diminati

Misalnya hasil dari 3 step di atas menghasilkan angka 1000, maka 60% x 1000 = 600 porsi buffet (kalau Anda mendapatkan angka tanggung, biasanya dibulatkan sehingga dapat dibagi 50).

Adapun jika perta pernikahan dilakukan di malam hari, umumnya menggunakan perbandingan 50:50, karena para tamu biasanya lebih memilih untuk mencari menu makanan ringan pada stall dibanding makanan berat pada buffet.

Step 5: Perbandingan 1:5. 1 Porsi Buffet Setara dengan 5 Porsi Stall

Pernahkah Anda hadir pada pesta pernikahan, di mana Anda makan satu porsi pada stall, kemudian pulang, padahal masih banyak pilihan menu pada stall lain? Tentu tidak! Setelah menyantap satu hidangan, biasanya para tamu undangan akan berkeliling dan mencoba hidangan yang lain.

Oleh karena itu, kalikan jumlah porsi stall dari perhitungan sebelumnya dengan 5, sehingga:

  • Jumlah Porsi Buffet: 60% x 1000 = 600 porsi
  • Jumlah Porsi Stall        : 40% x 1000 x  5 = 2000 porsi

Sekedar tips dari saya, dibandingkan mendistribusikan sedikit porsi pada banyak menu stall, sebenarnya akan jauh lebih baik jika jumlah stall lebih namun dengan kapasitas porsi sedang-besar (400-500 porsi /stall).

Saat ini banyak penyedia jasa catering pernikahan yang memberi penawaran menggiurkan dengan banyaknya jenis stall yang diberikan (apalagi kelihatannya lezat-lezat, bikin mau semua hehe), namun hanya 150-200 porsi/stall.

Penghitungan seperti ini memungkinkan porsi stall mu habis dalam waktu yang sangat singkat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here