Pilih Mana: Undangan Pernikahan Digital atau Konvensional?

Biaya Pernikahan
Biaya Pernikahan

Di masa sekarang ini, jenis undangan pernikahan yang sudah biasa digunakan di masyarakat ada dua, yaitu undangan pernikahan yang dikenal undangan konvensional (umumnya berbahan kertas) dan undangan digital (umumnya berupa wedding website).

Kedua jenis undangan di atas (undangan digital maupun konvensional) masing-masing tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangan. Jika Anda masih kesulitan untuk menentukan jenis undangan mana yang akan dipilih, berikut ulasan yang bisa dijadikan panduan.

1. Variasi Desain

Undangan konvensional: Desain kartu tidak hanya sebatas pada warna atau font. Dalam hal ini Anda dengan mudah bisa mengeksplorasi dari segi packaging, misalnya dikemas dalam botol atau kotak yang dipita. Bahkan bisa pula dengan menyulap kartu undangan menjadi benda bermanfaat agar tidak terbuang percuma.

Undangan digital: Dari segi variasi desain, Anda bisa menampilkan video atau foto pre wedding serta berbagai hal yang Anda anggap penting untuk diselipkan.

2. Pertimbangan Budget

Jika menyangkut urusan biaya, siapapun pasti akan lebih sensitif dan perhitungan. Terlebih dalam merencanakan pernikahan. Budget harus dipertimbangkan seakurat mungkin agar sang pemangku hajat tidak “kebobolan” dalam urusan finansial usai perhelatan digelar.

BACA JUGA  Harga Paket Pernikahan Murah

Undangan Konvensional: Kartu undangan pernikahan yang outstanding tentu memiliki harga yang tidak murah. Pemilihan desain, jenis kertas, dan packaging kartu undangan turut mempengaruhi harga yang dibandrol.

Kabar baiknya, saat ini sudah semakin banyak kartu undangan yang dipesan, umumnya semakin murah tarif per-kartu yang harus dibayar.

Namun itu semua tergantung kembali pada pihak vendor dan kartu undangan yang Anda inginkan.

Undangan Digital: Saat ini sudah semakin banyak vendor yang menyediakan jasa membuat wedding website yang bisa Anda pilih. Anda memerlukan pembuatan undangan digital? Kami siap membantu Anda dengan bujet yang bersaing dengan layanan lainnya.

3. Efisiensi Waktu

Berbicara tentang efisiensi waktu, maka tidak ada keraguan kalau undangan digital-lah yang lebih unggul.

Asal tamu undangan terkoneksi internet, maka undangan digital sudah bisa diakses oleh mereka.

Sementara undangan konvensional tentu membutuhkan waktu lebih banyak untuk bisa sampai ke tangan tamu.

Meskipun kini hadir layanan jasa pengiriman “kilat” atau super cepat, tetap saja belum bisa menandingi kecepatan undangan versi digital.

BACA JUGA  Begini Solusi Atasi Pesta Pernikahan Beda Budaya

4. Efektivitas Undangan

Kelebihan undangan digital yang efisien tidak seluruhnya berdampak positif. Mengingat, tidak semua tamu undangan memiliki akses internet atau melek teknologi.

Belum lagi jika menelisik tradisi orang Indonesia yang umumnya masih belum terbiasa dengan undangan digital. Anda tentu tidak ingin dicap “tidak sopan” oleh pihak keluarga besar karena menyebar kabar bahagia melalui dunia maya bukan?

Demikianlah informasi seputar perbedaan undangan digital dan undangan konvensional yang bisa Onikah sampaikan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda seputar masalah ini.

Bagi Anda yang sebentar lagi melangsungkan pesta pernikahan dan bingung dalam memilih, apakah akan menggunakan undangan konvensional dan undangan digital? Tidak perlu bingung, karena pada dasarnya kedua jenis undangan tersebut sama baiknya.

Anda bisa tetap mencetak undangan konvensional untuk diberikan kepada keluarga dan kolega dekat, sedangkan untuk teman Anda yang tidak sempat terjamah, sebaiknya Anda menyampaikan kabar bahagiamu melalui undangan digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here