7 Isi Hantaran Pernikahan Yang Unik dan Juga Menarik

    Hantaran Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
    Hantaran Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi

    Membawa hantaran pernikahan merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan dalam sebuah acara pernikahan. Hantaran pernikahan di bawa oleh pihak lelaki pada saat akad nikah untuk diserahkan kepada pihak wanita.

    7 Jenis Hantaran Pernikahan yang Umum dan Menarik

    Di bawah ini beberapa jenis isi hantaran pernikahan yang sudah umum namun masih tetap menarik sampai saat ini:

    1. Perlengkapan Ibadah

    Umumnya perlengkapan ibadah yang diisi di dalam hantaran berupa Al-Qur’an, mukenah, sajadah, serta perlengkapan ibadah lainnyaPerlengkapan ibadah ini secara simbolis berisi pengharapan akan kehidupan rumah tangga yang senantiasa dihiasi dengan ketakwaan dari suami istri.

    2. Pakaian dan aksesoris

    hantaran Pakaian dan aksesoris
    hantaran Pakaian dan aksesoris

    Daster, kain batik, atau kain songket umumnya yang menjadi isi dalam sebuah hantaran. Meskipun demikian, bisa saja Anda memilih bahan atau jenis pakaian lain tergantung kesepakatan bersama. Untuk aksesoris tambahan seperti tas atau sepatu, merupakan opsional yang tidak harus ada tergantung dana yang dimiliki.

    BACA JUGA  5 Cara Menyiasati Harga Catering Pernikahan Agar Tidak Terlalu Mahal

    3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi

    Hantaran Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
    Hantaran Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi

    Hantaran ini berisikan kebutuhan perawatan tubuh dan perlengkapan mandi biasanya berupa sabun, shampoo, conditioner, handuk, dan sebagainya. Selain itu, di dalam hantaran ini juga berisi produk-produk untuk merawat tubuh seperti lulur, masker, ataupun lotion.

    4. Kosmetik

    Hantaran Kosmetik
    Hantaran Kosmetik

    Hantaran ini berupa alat-alat kosmetik biasanya berisi peralatan dan perlengkapan kosmetik kecantikan yang sering dipakai oleh mempelai wanita. Biasanya pihak wanita ditanya terlebih dahulu tentang jenis alat kosmetik yang sering digunakan atau yang disukainya.

    Anda perlu undangan? Souvenir? Cek di sini gudangnya....

    5. Perhiasan

    hantaran Perhiasan
    hantaran Perhiasan

    Hantaran pernikahan berupa perhiasan umumnya dalam bentuk satu set perhiasan seperti kalung, gelang, hingga anting. Diharapkan perhiasan tersebut nantinya akan semakin mempercantik penampilan calon pengantin wanita di hadapan suaminya kelak.

    6. Makanan

    hantaran Makanan
    hantaran Makanan

    Hantaran pernikahan berupa kue tidak selamanya  harus kue wajik dodol atau jenis kue talam yang lengket. Anda bisa mengisi hantaran pernikahan ini dengan kue kering atau jenis kue tradisional. Anda juga bisa melengkapinya dengan jenis masakan khas yang dipesan secara khusus atau yang dibuat sendiri.

    7. Buah-buahan

    hantaran buah-buahan
    hantaran buah-buahan

    Hantaran pernikahan berupa buah-buahan biasanya berisikan buah-buahan yang berkelas seperti buah apel, kurma, jeruk, pir, anggur, kurma, serta buah-buahan berkelas lainnya. Sebaiknya hindari memilih buah-buahan berukuran besar seperti semangka karena akan merepotkan sendiri ketika harus dibawa karena berat.

    BACA JUGA  Ini Yang Harus Anda Lakukan Untuk Persiapan Pernikahan Anda

    Cara Membungkus Hantaran Pernikahan Secara Tepat

    Setelah jumlah jumlah dan isian hantaran sudah ditentukan, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilah dan memisahkannya sesuai dengan jenisnya. Barang dengan jenis yang sama dapat dikemas dalam 1 bungkusan parcel. Misalnya, perlengkapan ibadah berupa seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an dibungkus dan dikemas rapi dalam 1 kotak.

    Perlu diperhatikan agar jangan sampai perlengkapan ibadah tersebut bercampur dengan kain yang menjadi bahan pakaian. Karena untuk pakaian sendiri juga mesti dibedakan dalam 1 kemasan terpisah.

    Demikian pula alat-alat kosmetik dan perlengkapan mandi pun layaknya dibedakan dalam 2 kotak yang terpisah. Baik makanan tradisional, kue-kue, maupun buah-buahan harus dibedakan agar aroma dan rasanya tidak berubah dan saling bercampur.

    Setelah memisahkan masing-masing hantaran sesuai dengan jenisnya, kini saatnya untuk membungkus parcel pernikahan tersebut dengan benar agar tampak menarik dan tidak membosankan.

    Saat ini sudah sangat banyak desain model hantaran pernikahan yang unik dan cukup kreatif. Anda bisa coba membuatnya sendiri.

    Karena meski terlihat mewah dan elegan, sesungguhnya membungkus hantaran pernikahan cukup mudah dengan teknik yang sederhana.

    Semua tergantung kreativitas Anda. Dengan cara membungkus yang tepat, tumpukan hantaran pernikahan yang sederhana sekalipun bisa dibentuk menjadi sangat indah dan menarik.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here