Contoh Checklist Persiapan Pernikahan

checklist persiapan pernikahan
checklist persiapan pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral dan peristiwa besar yang dialami oleh seseorang dalam kehidupannya. Saking sakralnya, pernikahan dalam Islam dikatakan sebagai penyempurna separuh agama. Artinya, dengan menikah agama seorang muslim menjadi sempurna. checklist persiapan pernikahan adalah hal yang sangat penting jika anda benar-benar ingin semuanya berjalan sempurna.

Bagi sebagian orang, pernikahan merupakan peristiwa sekali dalam kehidupannya, sehingga harus dibuat sedemikian rupa agar senantiasa berkesan dan terkenang. Oleh karena itu, persiapan pernikahan terkait kebutuhan-kebutuhan yang harus disiapkan sebelum dan ketika hari-H harus benar-benar disiapkan secara matang dan tersusun rapi.

Untuk memudahkan melakukan persiapan pernikahan, di bawah ini Onikah sebutkan checklist persiapan pernikahan yang bisa Anda ikuti:

1. Persiapan 6-12 Bulan Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, yang perlu dimasukkan dalam daftar adalah penetapan hari dan tanggal pernikahan, anggaran pernikahan, gaya dan model pernikahan, dan beberapa hal lainnya.

Dalam hal penentuan hari dan tanggal ini biasanya ditentukan sesuai kebudayaan keluarga pengantin, seperti perhitungan jawa dan semacamnya.

Dalam checklist persiapan pernikahan tersebut, tentukan juga besarnya anggaran pernikahan dan gaya atau model pernikahan yang akan diselenggarakan. Jangan lupa untuk membuat daftar wedding organizer (WO) apabila memang bermaksud menggunakan jasa mereka.

Tentukan juga jumlah tamu yang akan diundang dalam acara pernikahan. Pemesanan lokasi maupun gedung apabila prosesi atau resepsi pernikahan bermaksud dilakukan di luar rumah perlu juga dipersiapkan terlebih dahulu.

Untuk persiapan mobil pengantin jiak diperlukan bisa menyewa mobil atau menggunakan mobil sendiri.

BACA JUGA  Menghadirkan Hewan Peliharaan Saat Pernikahan? Kenapa Tidak. .

Buat daftar tamu-tamu apabila memang terdapat tamu-tamu khusus yang memiliki jam khusus kedatangan. Tentukan juga siapa yang akan jadi pengiring pengantin pria dan wanitanya beserta pengiring lainnya apabila memang diperlukan.

Temui desainer atau tempat-tempat khusus baju pengantin untuk memilih dan memesan baju yang akan dikenakan pada acara pernikahan.

Pilih dan pesan jasa catering untuk jasa penyediakan konsumsi para undangan, kecuali memang berniat untuk memasak sendiri dengan bantuan para kerabat.

Putuskan tujuan honeymoon, lakukan pemesanan tiket, dan akomodasi lainnya. Tentu apabila memang pengantin bermaksud melakukan honeymoon ke tempat yang khusus.

Persiapkan juga persiapan souvenir khusus bagi para tamu undangan bila diinginkan, serta jenis hiburan tambahan yang ada ditampilkan ketika acara pernikahan bila diinginkan.

2. Persiapan 4-5 Bulan Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, buat daftar tamu-tamu apabila memang masih ada daftar undangan yang tertinggal atau terlupakan.

Pilih dan pesan desain undangan segara. Kalau memang bermaksud membuat desain sendiri, segera mulailah mengerjakan desainnya. Untuk tema dekorasi, pilih sesuai dengan selera, asalkan menarik dan sesuai dengan kondisi tempat pernikahan, demikian pula pakaian pengantinnya.

Anda perlu undangan? Souvenir? Cek di sini gudangnya....

Mulai membuat kerangka dekorasi pernikahan (tempat acara). Jangan lupa juga untuk memastikan deal atau transaksi fiksasi dengan wedding organizer (WO) apabila memang sudah memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Pesan kue atau makanan pengantin, pesan cincin kawin untuk pengantin, serta selesaikan fiksasi souvenir khusus bagi para tamu undangan bila diinginkan.

3. Persiapan 2-3 Bulan Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, ambil formulir penikahan di badan khusus Negara yang mengurusi masalah pernikahan. Siapkan semua dokumen-dokumen yang diperlukan.

Selanjutnya lakukan cek kesehatan sebelum pernikahan untuk menjamin dan menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk konfirmasi masalah honeymoon apabila memang akan melakukan honeymoon ke tempat-tempat khusus.

BACA JUGA  7 Isi Hantaran Pernikahan Yang Unik dan Juga Menarik

Hubungi desainer untuk melakukan pengecekan sekaligus pengepasan ukuran baju pengantin, baik pengantin pria maupun wanita.

Selesaikan desain undangan apabila memang mendesain undangan sendiri dan segeralah cetak.

4. Persiapan 6-8 Minggu Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, jangan lupa untuk menulis dan mengatur pengiriman undangan.

Segera selesaikan menu-menu makanan dan minuman apabila memang memakai jasa catering. Tambahkan menu tambahan seperti menu penutup khusus bagi para undangan.

Jangan lupa untuk memesan jasa perias pengantin untuk hari-H pernikahan. Lakukan tes make-up dengan perias, terutama untuk riasan pengantin wanita. Fiksasi hiburan tambahan yang ada ditampilkan ketika acara pernikahan apabila memang diinginkan.

5. Persiapan 4-5 Minggu Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, langkah yang perlu dilakukan adalah mengirim dan menyebar undangan, mengambil pesanan cincin kawin. Pastikan desainnya benar, seperti misalnya bertuliskan inisial nama.

Ambil souvenir khusus bagi para undangan apabila sudah memesan. Pesan traveller cheque/mata uang asing apabila memang bermaksud melakukan honeymoon ke luar negeri.

6. Persiapan 2-3 Minggu Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, yang perlu dilakukan adalah penyusunan secara random acara pernikahan, gandakan, dan berikan pada keluarga serta orang-orang yang memang sudah dibeban tugaskan.

Lakukan konfirmasi dan cek kembali jumlah undangan yang telah disebar. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan semua pesanan sekali lagi secara detail, seperti catering, WO, dan lainnya.

Mencoba baju pengantin secara lengkap dengan berbagai hiasannya. Periksa kenyamanan ukuran secara pasti. Sehingga apabila masih ada kekurangan bisa segera disempurnakan.

Lakukan perawatan wajah apabila perlu agar tampak lebih bersinar saat hari-H pernikahan.

7. Persiapan 1 Minggu Sebelum Hari-H

Pada checklist persiapan pernikahan ini, yang perlu dilakukan adalah bersantai dan rilekskan pikiran, khusus untuk pengantin. Yakinkan diri bahwa semuanya akan beres dan dapat berjalan dengan lancer. Selanjutnya berkemas untuk honeymoon apabila memang bermaksud melakukan honeymoon ke luar kota, bahkan ke luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here