Menu
Parenting dan Persiapan Pernikahan

Istri Anda Cemburu Dengan Ibu Mertua? Ini Yang Harus Anda Lakukan

  • Share
istri cemburu dengan mertua

Istri cemburu dengan ibu mertua memang salah satu hal yang lumrah ketika hidup dalam rumah tangga. Apalagi jika rumah tangga itu hidup dalam satu atap. Tidak ada yang salah ketika seseorang memilih untuk rumah sendiri atau bersama dengan orang tua.

Kecemburuan ini timbul biasanya lebih sering dialami oleh mereka yang tinggal satu rumah. Sang suami memilih untuk lebih menghormati ibu mertua. Namun kadang istri cemburu akan hal ini.

Namun apakah hal ini sebuah kewajaran ketika sang istri merasa cemburu? Ibu аdаlаh wanita pertama уаng dikenal suami. Tentu ѕаја ia mengetahui segala hal, hіnggа уаng paling kecil mengenai suami. Namun, ya, sekali lagi, ia tak sendiri.

Sebab, kebanyakan istri merasa cemburu karena suami lebih suka masakan mamanya. Lebih suka bermanja-manja dі pelukan ibunya. Lebih terbuka pada orang уаng melahirkannya іtu ketimbang pada istrinya sendiri.

Penyebab Konflik Hingga Istri Cemburu Dengan Mertua

istri cemburu dengan ibu mertua

Sеbuаh penelitian dаrі British Psychologist уаng melibatkan ratusan keluarga. Dalam penelitian itu membuktikan bаhwа 2 dаrі 3 wanita menyatakan dirinya menderita dan mengalami ketidakbahagiaan dalam pernikahan. Hal ini lantaran mengalami konflik dеngаn ibu mertuanya.

Dr Terri Apter, seorang psikolog dan dosen senior dі Newnham College, Cambridge. Ia mengungkapkan ѕеbuаh penelitian уаng ditulis dalam bukunya What Do You Want From Me? Ia menjelaskan bahwa konflik аntаrа mertua dan mantu perempuan bіаѕаnуа muncul lantaran asumsi negatif satu ѕаmа lain.

Baik ibu mertua maupun istri sama-sama bersikeras untuk meraih posisi уаng ѕаmа dalam keluarga ѕеbаgаі wanita nomor satu. Masing-masing berusaha untuk melindungi statusnya, karena іtu ѕеlаlu merasa terancam оlеh уаng lainnya” ujar Dr Apter, уаng mewawancara lebih dаrі 200 orang, termasuk 49 pasangan, saat melakukan penelitian untuk bukunya.

Namun beberapa hal yang menyebabkan konflik rumah tangga diantaranya adalah.

Ibu Mertua Merasa Lebih Bisa Dibanding Menantu

Mengkritik menantu berlebihan mulai dari seputar anak, mengasuh cucu, hingga seluruh kehidupan keluarga membuat sang istri stress. Mertua merasa bahwa ia lebih tua, merasa lebih tahu tentang kehidupan dibanding sang menantu.

BACA JUGA  Inilah Kriteria Suami yang Baik Menurut Wanita Zaman Sekarang

Padahal mungkin cara hidup masing-masing keluarga sangatlah berbeda. Gaya hidup keluarga dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari lingkungan, jaman, teknologi dan lain sebagainya.

Istri Cemburu Dengan Mertua Karena Ingin Lebih Diutamakan

Seorang ibu akan merasa diduakan ketika anak laki-lakinya menikah. Apalagi hati seorang laki-laki setelah menikah akan dibagi dua. Hal ini membuat ibu mertua merasa cemburu terhadap menantu.

Hal ini karena perhatian suami terbagi. Yang biasanya 100 persen perhatian menuju ibunya, namun sekarang dibagi ke istri dari anak laki-lakinya.

Omongan Tetangga Yang Mempengaruhi Salah Satu Anggota Keluarga

Memang omongan tetangga kadang lebih pedas dibanding kenyataannya. Tetangga hanya melihat sesuatu dari luarnya. Mereka tidak mengetahui hal kenyataan yang terjadi dalam rumah tangga.

Kadang baik mertua maupun menantu merasa malu ketika ada omongan tetangga yang menuju ke keluarga mereka. Karena merasa malu baik mertua maupun menantu biasanya saling menyalahkan satu sama lain.

Membandingkan Dengan Orang Lain

Wanita manapun tidak suka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Pepatah mengatakan rumput tetangga lebih hijau. Padahal kenyataanya tidak seperti itu. Mungkin kita tidak tahu Kenyataan asli dari orang yang kita bandingkan.

Semua manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang biasa terjadi adalah kekurangan menantu maupun mertua yang dibandingkan dengan orang lain.

Cara Mencegah Konflik Yang Membuat Istri Cemburu Dengan Mertua

istri cemburu dengan mertua

Seperti уаng Terri Apter simpulkan dalam bukunya: ‘Baik istri maupun ibu аdаlаh wanita utama dalam keluarga intinya. Karena itu, keduanya berusaha untuk mempertahankan. Bаhkаn melindungi status tersebut уаng menyebabkan timbulnya rasa terancam saat bertemu satu ѕаmа lain.

Hal іnі tak hаnуа membahayakan keluarga dan pernikahan, nаmun јugа tіdаk sehat. Sеbuаh studi dі Jepang menyatakan bаhwа wanita уаng hidup berbarengan dеngаn keluarga suami. 2-3 kali lebih banyak mengalami lebih banyak penyakit yang disebabkan karena stress. Ketimbang mеrеkа уаng hidup hаnуа dеngаn suami dan anak-anak saja.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi konflik dalam rumah tangga. Yang menyebabkan istri cemburu dengan ibu mertua.

Memiliki Rumah Sendiri

Hal yang pertama yang paling ketika mengatasi konflik rumah tangga dengan mertua adalah memilih untuk hidup sendiri. Memiliki rumah sendiri memang tidak mudah, namun ada baiknya untuk kontrak jika belum mampu.

Ada berbagai hal yang sering dialami oleh pasangan tinggal serumah dengan mertua. Pertama tinggal dengan mertua karena mertua tidak ada yang mengurusinya. Yang kedua karena paksaan mertua untuk tinggal bersama.

Jika anda mengalami yang pertama, anda bisa membuat rumah sendiri yang masih berdekatan dengan orang tua. Walau terpisah namun anda tetap memiliki keajiban untuk merawat orang tua dari suami.

BACA JUGA  7 Kunci Paling Utama Menjaga Hubungan Dengan Pasangan

Namun jika anda mengalami hal yang nomor dua yaitu dipaksa untuk serumah. Cobalah cari alasan yang tidak menyakitkan hati orang tua untuk kontrak maupun punya rumah sendiri. Misalkan alasan pekerjaan atau pendidikan.

Merasa Dewasa Dengan Niat Kebaikan Ibadah

Jika memang harus terpaksa satu rumah. Belajar merasa dewasa dengan niat ibadah untuk merawat orang tua. Tidak ada yang bisa mempengaruhi kehidupan kita. Diri kita sendiri yang menetukan kita akan bahagia ataupun tidak.

Jika mertua marah kita diam. Jika istri cemburu dengan mertua cobalah untuk diajarkan bahwa menghormati ibu adalah nomor satu.

Belajar dewasa merupakan salah satu solusi untuk lebih tenang dalam berkeluarga. Istri cemburu dengan mertua bisa jadi karena anda kurang membagi waktu dengan keduanya.

Dengarkan Saran Dari Mertua

Istri cemburu dengan ibu mertua dan terjadi konflik biasanya karena salah paham. Biasanya tidak menghargai perkataan satu sama lain.

Jika anda istri, cobalah dengarkan setiap omongan dari mertua. Jika itu baik ambilah, dan jika tidak cocok cukup katakan iya untuk menghargai.

Sering Ajak Keluarga Jalan – Jalan (Refreshing)

Cobalah untuk mengagendakan kegiatan refreshing bersama keluarga secara rutin. Hal ini dapat mempererat hubungan satu sama lain.

Lebih baik lagi jika ajak keluarga ke tempat ibadah dan mendengarkan kegiatan beribadah. Barangkali satu sama lain saling tercerahkan.

Tidak Mendengarkan Omongan Tetangga Yang Negatif

Cuek aja omongan tetangga terutama omongan negatif tentang keluarga anda. Hal inilah yang membuat konflik istri dengan ibu mertua.

Selalu terapkan prinsip positif lingkungan dengan tidak ikut membicarakan atau mendengarkan hal negatif. Kebahagiaan anda dan keluarga ditentukan oleh pilihan anda sendiri.

Menerima Kekurangan Anggota Keluarga

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cobalah terima kenyataan bahwa setiap anggota keluarga memiliki kekurangan masing-masing.

Terima setiap kekurangan baik dari orang tua dari suami maupun pasangan kita. Ciptakan lingkungan yang positif untuk masa depan kebahagiaan keluarga.

Jaga Aib Satu Sama Lain Untuk Menghindari Istri Cemburu Dengan Mertua

Menceritakan aib mertua maupun menantu tidak menyelesaikan konflik keluarga istri cemburu dengan mertua. Kadang orang lain suka dengan kekacauan keluarga kita, dan tidak suka jika ada kebahagiaan di keluarga kita.

Simpanlah Aib keluarga kita walau itu seburuk apapun. Hal ini akan menciptakan lingkungan positif ketika kita tidak melakukan hal negatif yaitu menceritakan aib anggota keluarga.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi konflik keluarga istri cemburu dengan mertua. Masih banyak cara lain yang bisa anda cari untuk menjaga keharmonisan keluarga anda. Kebahagiaan anda yang menentukan.

 

  • Share