9 Tips Memilih Catering Pernikahan

Hari pernikahan merupakan momen paling berharga bagi kedua mempelai. Janji suci untuk selalu bersama terikrar pada saat akad di hari pernikahan tersebut.

Oleh karena itu, agar pesta pernikahan Anda berjalan lancar dan sukses, maka sebaiknya segala sesuatunya dipersiapkan sematang mungkin.

Satu hal penting yang juga perlu dipersiapkan dengan matang sebelum hari pernikahan Anda adalah persiapan jenis makanan dan jumlah makanan yang akan dihidangkan pada hari pernikahan.

Makanan yang akan dihidangkan pada pesta pernikahan Anda bisa dibuat sendiri atau memesan dari catering. Membuat sendiri tentu lebih hemat tetapi merepotkan.

Adapun memesan catering pernikahan, meskipun biayanya agak sedikit besar, tapi lebih menghemat waktu dan tenaga.

Bagi Anda yang ingin memesan catering pernikahan, sebaiknya ikuti tips-tips di bawah ini:

1. Tanggal pernikahan

Pastikan catering pernikahan yang Anda pesan memang masih lowong dan belum ada yang memesannya duluan pada tanggal yang Anda mau. Biasanya jasa catering tersebut memang perform di beberapa acara pernikahan dalam satu hari. Karenanya, jangan memilih jasa catering yang sampe puluhan performnya di satu waktu, khawatir nanti pihak catering kelabakan.

2. Rekanan gedung

Cek terlebih dahulu apakah catering pernikahan yang Anda mau adalah rekanan dari gedung yang Anda pakai. Karena hal ini berhubungan dengan charge yang biasanya dibebankan dari gedung. Jika rekanan, ada yang bebas charge, ada juga yang chargenya lebih murah. Kalau tidak rekanan, biasanya harga membumbung tinggi. Namun ada untungnya juga kalau bukan rekanan dan si catering memberikan harga yang wajar.

  1. Survei!
BACA JUGA  Tips Bermanfaat Terkait Persiapan Pernikahan

Sebelum menentukan jasa catering pernikahan tertentu, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Jangan males browsing dan tanya-tanya. Bandingkan jasa catering yang Anda mau pesan dengan jasa catering lain yang selevel.

4. List harga terbaru

Anda perlu undangan? Souvenir? Cek di sini gudangnya....

Usahakan Anda mendapatkan list harga catering pernikahan yang terbaru. Lebih baik langsung tanya ke catering yang ditarget daripada minta pricelist sana sini.

Karena, tentunya akan terdapat terdapat perbedaan variabel seperti beda gedung, beda tanggal, beda menu, beda kuantitas tamu, semuanya menentukan harga si catering. Tapi perlu juga sebenarnya kalau Anda mau nanya-nanya dan membandingkan harga dengan tahun-tahun kemarin.

5. Paket/Lepasan?

Apakah Anda hanya mau pesan catering pernikahan saja ataukah sekalian paketan? Sebab, umumnya jasa-jasa catering pernikahan sekarang punya paket lengkap yang sudah sekalian dengan dekor, pelaminan, dokumentasi, makeup, dan lain-lain.

BACA JUGA  17 Dekorasi Pernikahan yang Paling Banyak Diminati

6. Menu andalan

Beberapa jenis catering pernikahan ada yang dikenal jagoan di beberapa makanan gubukan. Misalnya saja Alfabet dengan siomaynya, Caterindo dengan zuppa soupnya, ataupun DTC dengan mashed potatonya. Jadikan itu pertimbangan jika Anda mau memilih makanan gubukan.

7. Test food

Test food adalah kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Test food yang gratisan ini bisa Anda manfaatkan untuk mencoba segala menu dan gubukan, sehingga Anda nantinya bisa mempertimbangkan apakah Anda jadi atau tidak dalam memilih catering pernikahan tersebut.

8. Minta diskon

Kalau Anda sudah merasa cocok dengan segalanya, minta diskon langsung dengan ownernya. Biasanya owner yang baik tidak akan menolak begitu saja. Mungkin harganya tidak dikurangi, namun porsi makanan nanti yang akan ditambah.

9. Pembayaran

Perhatikan dengan detail pembayaran untuk catering pernikahan tersebut, jangan sampai harus bayar sekaligus.

Yang bener itu sih biasanya DP (10%), pembayaran ke-2 (70%), dan pembayaran setelah pestanya selesai (20%).

Pembayaran terakhir itu bisa jadi senjata juga untuk tidak dibayar penuh sebagai bentuk jasa-jaga kalau pesta perkawinan Anda ada yang tidak berjalan lancar. Misalnya ada warna yang tidak sesuai, kaca yang pecah, ataupun makanan yang tidak sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here