8 Hal Penting Terkait Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Diabaikan

persiapan pernikahan
persiapan pernikahan

Berbicara tentang pentingnya mempersiapkan berbagai hal terkait persiapan pernikahan tidak lepas dari keberadaan pernikahan yang merupakan suatu peristiwa besar dan sakral dalam kehidupan tiap-tiap orang di mana momen besar ini menyangkut hidup dua insan saling mencintai yang akan dikumpulkan dalam ikatan tali suci pernikahan.

Pernikahan memanglah tidak selamanya harus indentik dengan pesta yang elegan serta meriah lantaran sebenarnya menikah bisa dikerjakan walaupun dalam situasi finansial yang pas-pasan.

Meskipun demikian, pernikahan dalam bentuk apapun, apakah itu  dalam bentuk  simpel ataupun elegan, namun setiap orang yang menjalaninya pastinya berharap agar prosesi pernikahannya berjalan lancar serta tanpa ada rintangan.

Oleh karena itu, calon pengantin biasanya akan melakukan berbagai hal terkait persiapan pernikahan jauh-jauh hari untuk hindari beberapa hal yang tidak diinginkan, dari mulai persiapan undangan, tempat untuk resepsi, layanan catering serta beberapa detail lainnya yang mungkin saja dapat terselip serta terlewati. Menyiapkan segala sesuatu terkait persiapan pernikahan  memanglah tidak mudah, apalagi jika Anda mengerjakannya sendiri dan tidak memakai layanan penyelenggara acara atau yang dikenal dengan moment organizer (even organizer/EO).

Pada artikel kali ini Onikah akan membagikan informasi seputar 8 hal penting terkait persiapan pernikahan yang tidak boleh diabaikan. Persiapan-persiapan tersebut adalah:

1. Persiapan mental

Persiapan mental merupakan salah satu hal penting terkait persiapan pernikahan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Optimis dalam hati Anda bila pernikahan yaitu hal yang wajar dikerjakan oleh tiap-tiap orang, Anda bukanlah yang pertama, bukanlah juga yang paling akhir. Dengan berbekal kepercayaan itu, Anda bisa menghilangkan ketakutan serta pikiran negatif terkait dengan pernikahan Anda.

BACA JUGA  Harga Paket Pernikahan Murah

2. Bicarakan antar keluarga

Sampaikan i’tikad baik Anda kepada keluarga sendiri ataupun keluarga calon istri/suami Anda. Janganlah sungkan untuk mengungkapkan hal apa pun yang Anda rasa nantinya akan dibutuhkan, termasuk juga untuk mendiskusikan permasalahan dana atau biaya.

Berlaku transparan jauh lebih baik karena Anda lebih lega hingga bisa mengambil langkah tanpa ada beban. Pembicaraan antar keluarga ini merupakan salah satu point penting terkait persiapan pernikahan yang perlu Anda perhatikan.

3. Tetapkan budget

Tetapkan biaya yang Anda punyai dari jauh-jauh hari kemarin buat draft biaya pengeluaran mulai dari yang paling besar seperti menyewa tenda pernikahan, layanan rias pengantin, catering sampai ke yang paling kecil seperti suvenir atau melakukan perbaikan style rambut Anda ke salon. Buatlah daftar listnya sedetail mungkin, agar Anda bisa menentukan budget secara tepat.

Anda perlu undangan? Souvenir? Cek di sini gudangnya....

4. Tetapkan tempat serta saat acara

Dua bulan sebelum acara pernikahan digelar, Anda haruslah sudah memastikan waktu pernikahan dan tempat dilangsungkannya pernikahan.

Bila biaya yang Anda punyai memenuhi, Anda bisa menyewa tempat seperti aula atau gedung. Jika biaya Anda terbatas, pernikahan sebaiknya dilangsungkan di rumah calon mempelai pria atau wanita.

BACA JUGA  Tips Menghitung Biaya Pernikahan Dengan Tepat

5. Mengontak layanan penyedia tenda pernikahan serta layanan catering

Hal penting berikutnya yang juga perlu dilakukan terkait persiapan pernikahan adalah memastikan tempat serta waktu pernikahan. Setelah itu, Anda bisa mengontak layanan penyedia tenda pernikahan serta layanan catering (umumnya disiapkan dalam satu paket atau terpisah).

Tetapkan juga perkiraan jumlah undangan yang akan disebar agar penyedia tenda bisa melakukan rencana design serta besarnya tenda.

6. Buat daftar rekan, kerabat serta saudara yang bakal diundang

Agar proses pembagian undangan berjalan lancar dan tidak ada satupun calon undangan yang terlewatkan, sebaiknya Anda membuat daftar rekan, kerabat serta saudara yang bakal Anda undang ke pernikahan Anda. Baiknya cocokkan jumlah undangan dengan biaya biaya catering untuk menghindari resiko kehabisan makanansebelum pesta pernikahan usai.

7. Kontak ketua RT/RW

Sesudah mempersiapkan daftar kerabat serta rekan yang bakal  Anda undang, langkah berikutnya terkait persiapan pernikahan yang juga tidak kalah penting adalah mengontak beberapa tokoh orang-orang setempat (RT/RW) untuk meminta izin nikah.

Jangan sampai Anda menyelenggarakan pernikahan di daerah itu namun tanpa ada diketahui oleh piranti desa. Sebab, hal semacam ini menyangkut norma serta mencerminkan langkah bersosialisasi Anda di masyarakat sekitar.

8. Bikin undangan pernikahan

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan terkait persiapan pernikahan adalah menyiapkan undangan.

Janganlah lupa persiapkan terlebih dahulu blue print atau bikin biru dari undangan yang bakal di buat, baik dari setting penampilan (layout), nama komplit serta nama panggilan Anda berdua, nama orangtua, daftar ikut mengundang serta yang peta atau denah tempat pernikahan.

Demikianlah informasi seputar 8 hal penting terkait persiapan pernikahan yang tidak boleh diabaikan. Selain 8 persiapan tersebut tentunya masih ada hal-hal penting lainnya yang juga tidak boleh terlewatkan dalam persiapan, seperti  membeli baju pernikahan dan souvenir, rencana bulan madu, dan yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here