Menu
Parenting dan Persiapan Pernikahan

+150 Sample Susunan Acara Pernikahan Paling Lengkap

  • Share
susunan acara pernikahan

Tidak usah diperdebatkan lagi susunan acara pernikahan merupakan momen khusus yang paling bikin hati dag-dig-dug bagi setiap sejoli yang akan menjalinya. Karena semenjak tahap persiapan sampai pada hari H acara nikah. Seperti menentukan tanggal nikah dan tempat acara. Penentuan foto untuk prewedding, menentukan jasa salon. Hingga penyusunan acara perkawinan. Pasti semua dikerjakan dengan teliti dan hati-hati.

Bagaiman bisa demikian? Tidak lain maksudnya ialah supaya acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar sehingga jika terjadi kesalahan walaupun sedikit bisa dikurangi dan akhirnya tak mengganggu keberlangsungan acara pernikahan.

Sebenarnya banyak sekali sejoli yang punya pilihan dan memakai jasa Wedding Organizer atau lebih familiar dengan sebutan WO. Untuk mempermudah dalam persiapan pernikahan mereka.

Namun, dengan alasan budget dan hal lain-lain maka untuk saat ini lebih banyak lagi yang menggunakan jasa keluarga. Dalam mengurusi dan persiapan perkawinan mereka. Keputusan ada di tangan Anda untuk pilihan mana yang tepat untuk pesta perkawinan Anda. Semua pilihan tentu tidak ada yang paling benar. Karena semua mempunyai hak preferensi sendiri-sendiri.

Nah dari kedua pilihan di atas. Anda masuk dalam jenis yang memilih susunan acara pernikahan dengan diurusi oleh keluarga sendiri. Atau memakai jasa Wedding Organizer (WO). Apapun pilihan Anda untuk lebih jelasnya. Ini dia informasi susunan acara pernikahan yang bisa dijadikan pedoman untuk persiapan perkawinan kedepannya. Yaitu bermula dari akad sampai acara pamungkas resepsi pernikahan.

Susunan Acara Pernikahan di Masa Pandemi Menurut Agama

Syariat islam yang mengatur bab pernikahan. Pada dasarnya diawali dengan akad dahulu dan melakukan prosesi pernikahan pasangan dua sejoli secara keagamaan. Sebenarnya tak kurang dari pasangan yang ingin menikah yang muslim. Untuk memilih opsi melakukan akad nikah yang banyak disaksikan para tamu undangan. Namun dilanjutkan dengan syukuran yang sederhana. Hal ini bertolak belakang dengan acara resepsi yang diselenggarakan secara besar-besaran oleh masyarakat di negri kita.

Apapun nantinya pilihan yang akan kita ambil. Satu hal yang pasti prosesi akad nikah tidak boleh dihilangkan. Lebih jelasnya berikut susunan acara pernikahan menurut muslimin.

Susunan Acara Pernikahan Sederhana Pertama Secara Islami Yaitu Akad

Pembukaan

Pembukaan
DIambil dari weddingmarket.com

Acara akad biasanya akan dimulai dahulu dengan doa pembuka yang diucapkan oleh seorang Master Of Ceremony (MC). Nah untuk isi pembukaan ini sendiri adalah membaca kalimat basmallah secara bersama-sama. Dan diselesaikan dengan memberikan doa kelancaran juga keberhasilan untuk acara akad nikah ini.

Lantunan Ayat-Ayat Indah Al Quran

Ayat Suci Alquran
Diambil dari kalam.sindonews.com

Untuk acara pembacaan ayat suci Alquran ini. Akan dibawakan oleh orang yang memang ahli Quran dengan bacaan tajwid dan makhraj yang nyaris sempurna. Ditambah dengan bonus suara yang indah lagi merdu. Baik termasuk dari kalangan keluarga sendiri ataupun yang datang dari luar keluarga. Untuk isi ayat yang dilantunkan selalu berbeda setiap acara pernikahannya. Walaupun banyak juga para Qori yang memilih ayat dalam Alquran yang bertema perkawinan dan membina keluarga.

Sambutan-Sambutan

sambutan pernikahan
Diambil dari riau24jam.com

Isi dari sambutan pernikahan ini, ada 2 sambutan yang akan dilakukan yaitu pertama sambutan perwakilan. Adapaun sambutan perwakilan pertama ini akan dilaksanakan oleh wakil dari keluarga calon suami. Yang ditujukan untuk calon istri beserta keluarganya. Untuk sambutan kedua adalah sambutan balasan yang berisi tentang jawaban dari sambutan pertama . Nah untuk sambutan yang kedua ini adalah wakil dari keluarga calon istri yang juga ditujukan kepada wakil dari calon suami ataupun keluarga dari calon suami tersebut.

Khutbah Nikah

khutbah penikahan
Diambil dari flickr.com

Orang yang menyampaikan khutbah nikah ini adalah dari orang KUA. Yaitu seorang penghulu ataupun orang yang bertanggung jawab melaksanakan pernikahan. Baik itu bertugas sebagai penggganti wali ataupun dari pihak keluarga mempelai. Yang dilakukan selanjutnya oleh Pak Penghulu adalah mencatan data perkawinan kedua sejoli atau mempelai ke catatan milih kepemerintahan.

Isi khutbah nikah ini adalah sebagai nasehat kepada para calon pasangan suami – istri untuk pengingat nanti dalam menjalani mahligai rumah tangga. Sebagai contoh untuk mengingat pentingnya menjaga keharmonisan hubungan dalam berumah tangga. Nah tema khutbah ini adalah tentu saja seputar pernikahan umum. Dan juga dapat ditujukan ke tamu undangan yang hadir sebagai pengingat momen pernikahan mereka setelah menyaksikan dan mendengar khutbah tersebut.

Ijab Qabul

acara susunan pernikahan
Diambil dari islam.nu.or.id

Ini dia acara yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang akan menikah. Acara puncak yaitu akad. Pada acara ini, tentu saja harus ada calon mempelai laki-laki dan perempuan. Dari pengantin perempuan harus ada wali. Bapak penghulu, dan tidak ketinggalan saksi dengan jumlah dua orang pada masing-masing mempelai.

Untuk wali calon mempelai perempuan yang paling utama adalah seorang ayah. Namun jika ayah meninggal atau tidak diketahui keberadaannya, dapat digantikan kakek dari pihak ayah. Atau saudara laki-laki yang sekandung. Kemudian paman dari ayah, sepupu laki-laki dari pihak ayah atau bisa juga dengan saudara laki-laki tiri dari pihak ayah. Sesudah acara ijab dan qobul ini selesai. Maka kedua pasangan ini dianggap sah menjadi suami – istri

Susunan Acara Pernikahan Terakhir Doa Pernikahan

doa pernikahan
Diambil dari beritakubaru.com

Acara akad sudah berjalan dengan khitmad dan lancar. Maka menurut ketentuan pasangan tersebut sudah sah. Maka dilanjutkan acara penutup yaitu doa pernikahan. Tujuan acara ini untuk memberikan doa ke pasangan yang baru sah dan halal untuk bisa membentuk keluarga yang harmonis. Menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Doa ini bisa dipandu oleh Bapak penghulu, toko agama sekitar tempat tinggal pasangan maupun bisa juga dilantunkan oleh anggota keluarga salah satu mempelai.

BACA JUGA  4 Penginapan Terapung Yang Harus Anda Kunjungi Jika Berbulan Madu

Proses Menandatangani Buku Pernikahan

tanda tangan
Diambil dari winarno1.files.wordpress.com

Dikarenakan dua sejoli atau pasangan pengantin telah sah menurut agama dan negara menjadi suami dan juga istri. Maka yang akan mereka lakukan untuk tahap selanjutnya dalam pernikahan adalah tanda tangan buku nikah dan dokumen lainnya yang mendukung. Untuk susunan acara pernikahan pada tahap ini. Maka bisa dikatakan pernikahan mereka sah secara agama maupun hukum yang berlaku di negara kita.

Acara Seserahan

Seserahan
Diambil dari idewedding.com

Pada acara seserahan ini untuk tahap-tahap yang biasa dilakukan adalah. Pihak mempelai pria menyerahkan maskawinnya atau maharnya kepada mempelai wanita. Selayaknya yang telah calon suami katakan dalam proses ijab qabul pernikahannya.

Adapun bentuk dari mahar ini beragam. Calon suami bisa memilih uang dalam kelipatan tertentu. Bisa seperangkat alat solat. Atau barang lain yang calon mempelai suami ingini. Nah untun penyerahan mahar kepada pihak perempuan untuk memudahkan biasanya dilakukan secara simbolis saja.

Acara Menukar Cincin

susunan acara pernikahan
Diambil dari galeri24.co.id

Sesudah acara ijab dan qobul dan juga seserahan. Maka dilanjutkan dengan acara pernikahan berikutnya yaitu menukar cincin antar keduanya. Umumnya cincin akan mereka pasangkan pada jari manis pasangannya pada tangan yang sebelah kiri. Untuk mengabadikan momen seperti biasa gunakan foto kamera pada angle yang berbeda. Atau bisa buatkan video untuk konten medsos seperti instagram reel atau juga tiktok.

Amanat serta Nasehat Pernikahan

Nasehat pernikahan
Diambil dari thebridedept.com

Susunan acara pernikahan berikutnya adalah wejangan atau isi acara seperti pengajian. Tentu saja untuk pengantin baru ini sangat berarti. Karena diberikan nasehat dalam permulaan menaiki bahtera mahligai rumah tangga. Nah tema yang diambil sendiri bisanya berupa hak dan kewajiban menjadi suami maupun istri. Apa saja yang dilakukan dan apa saja yang dilarang dalam berhubungan di dalam rumah tangga.

Acara Terakhir Adalah Penutup

Doa penutup

Dalam acara inti pengajian pernikahan. Sesudah ustadz atau kyai memberikan nasehat atau wejangan kepada kedua mempelai. Akan dilanjutkan dengan doa penutup. Doa untuk keselamatan kepada keluarga mempelai, tamu undangan terlebih kepada kedua mempelai. Setelah doa akan diakhiri dengan salam keslamatan.

Susunan Acara Pernikahan Sederhana Secara Kristen

Bagi mempelai pria maupun wanita yang beragama kristen, dalam penyusunan tahap-tahap pernikahan sudah barang tentu memiliki perbedaan. Mengapa demikian? Tentu saja disebabkan karena perbedaan persyaratan nikah secara agama masing-masing yang harus terpenuhi. Perbedaan mulai dari sebelum pernikahan sampai dalam acara pernikahan. Lebih jelas lagi berikut uraiannya:

Tahap-Tahap dalam Pernikahan Kristen

Sebelum Nikah : Proses Pembimbingan di Gereja Beserta Doa

Pembimbingan sebelum nikah yang biasa dilaksanakan di gereja untuk calon mempelai pria maupun calon mempelai wanitanya. Disebut proses katekisasi pra nikah. Sifat katekisasi ini adalah wajib dengan tujuan persiapan dan bekal untuk melangsungkan kehidupan rumah tangga. Yaitu kehidupan bersama pasangan untuk saat ini dan masa depan.

Isi materi yang disampaikan beraneka ragam. Mulai dari perencanaan keuangan dan waktu, komunikasi verbal, kesehatan, dan tak lupa saling berbagi dan pendekatan hati antara kedua keluarga calon pengantin.

Selanjutnya terdapat acara doa bersama-sama yang diselenggarakan di malam harinya sebelum prosesi pernikahan pada esok hari. Pada tahap ini umumnya diselenggarakan oleh keluarga calon mempelai wanita. Nah untuk sebutan acara ini adalah bidston.

Untuk kegiatan acara ini sama seperti sarana ibadah di gereja seperti ucapan pujian, bacaan Alkitab, pendeta yang melakukan khutbah. Dan diakhiri dengan doa. Keluarga calon mempelai pria dan wanita akan hadir di sini. Termasuk calon pengantinnya.

Pemberkatan yang Berbentuk Upacara

Akhirnya sampai di Hari Pernikahan, pada hari H pernikahan ini dimulai dengan pemberkatan yang dilaksanakan di gereja. Pada tahap acara meriah ini akan dihadiri oleh keluarga kedua pasangan serta jemaat yang biasa bersembahyang di gereja.

Untuk susunan acaranya pada pemberkatan ini yaitu pertama adalah pembukaan, dilanjutkan lantunan pujiam yang dilakukan bersama-sama. Kabar berita dari firman Tuhan. Diakhiri dengan upacara peneguhan nikah yang akan dipimpin oleh pendeta langsung.

Janji Suci Pernikahan

Prosesi pernikahan ini sebenarnya memiliki hubungan dengan upacara pemberkatan yang diselenggarakan sesudah menjawab pertanyaan dari peneguhan oleh pendeta itu sendiri. Yang romantis dari acara ini adalah. Kedua calon pengantin akan berdiri berhadapan dan mengucapkan janji suci pernikahan mereka.

Termasuk di aturan agama. Sesama mempelai pria maupun wanita wajib mengucapkan janji yang disebut perjanjian nikah. Perjanjian pernikahan ini ialah pernyataan yang menunjukan ketersediaan dari sesama mempelai agar supaya menjadi kepala dan ibu rumah tangga. Di mana kesanggupan ini telah diselenggarakan secara resmi.

Nah walaupun pernyataan janji ini diadakan secara simbolis. Namun isi pernyataan wajib dibuat berdasar keinginan kedua pasangan dan harus menjadi tanggung jawab mereka berdua selama hidup.

Susunan Acara Pernikahan Terakhir : Pertukaran Cincin

Pertukaran cincin ini, berlangsung begitu janji suci pernikahan telah diucapkan di depan pendeta, pasangan mempelai masing-masing, keluarga kedua mempelai dan juga para jemaat gereja.

Untuk proses pertukaran cincin ini sebenarnya sama yaitu si pengantin wanita akan meletakan cincin di jari manis si pengantin pria begitu juga sebaliknya . Pengantin pria akan memasangkan cincin untuk pengantin wanita pada jari manisnya di tangan sebelah kiri.

Sesudah itu, pendeta akan melakukan pemberkatan lagi di depan keluarga mempelai dan para jemaat atau tamu undangan. Di mana akan secara resmi mensahkan kedua mempelai menjadi pasangan suami dan juga istri.

Kemudian susunan acara pernikahan selanjutnya akan diteruskan dengan sungkeman kepada orang tua masing-masing mempelai sebagai ucapan terima kasih mereka. Selanjutnya acara ini akan ditutup dengan lantunan doa serta nyanyian penutup.

Sesudah pelaksanaan akad pernikahan tadi dan juga pemberkatan doa oleh pendeta. Untuk selanjutnya mempelai berdua dan juga pasangan akan melakukan persiapan untuk acara yang dinanti-nanti yaitu resepsi pernikahan.

Berikutnya Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Waktu pelaksanaan resepsi pernikahan tergantung pada keputusan calon pasangan dan pihak keluarga mereka. Untuk di negara kita Indonesia pelaksanaan resepsi umumnya di hari yang sama dengan akad nikah maupun pemberkatan pernikahan. Entah itu setelah akad, maupun diselenggarakan pada malam hari.

Penyelenggaraan acara resepsi ini juga pada tempat yang berbeda sesuai keinginan dari calon pengantin. Tempat pelaksanaan ada yang di gedung. Ada yang diadakan di rumah masing-masing. Atau bahkan di era pandemi ini ada yang mengadakan resepsi di tempat yang tertutup. Dengan jumlah tamu undangan uang dibatasi. Yaitu hanya kerabat dan sahabat dekat saja.

Untuk durasi pelaksanaan resepsi ini sangat bervariasi. Walaupun demikian, Penyelenggaraan resepsi pernikahan ini biasanya membutuhkan waktu dua sampai tiga jam. Hal ini terjadi jika tamu undangan begitu membludak dan datang dalam jumlah yang besar.

BACA JUGA  Informasi Seputar 5 Souvenir Pulpen Unik Beserta Harganya

Nah untuk mensiasatinya, umunya pelaksanaan resepsi nikah dibuat menjadi dua sesi. Untuk waktu yang dibutuhkan pada setiap sesi adalah 60 menit sampai 90 menit.

Nah semisal, resepsi pernikahan dilaksanakan pukul 10.00 sampai 13.00. Maka untuk pembagian menjadi dua sesi adalah pukul 10.00 sampai pukul 12.00 dan pukul 12.00 sampai pukul 13.00

Dengan demikian, undangan yang dibagikan bisa kita buat menjadi dua versi juga. Hal ini bertujuan agar para tamu undangan tidak menjadi bingung.

Nah untuk bagian undangan yang akan dicetak. Kedua versi undangan tetap kita cetak seperti biasa. Hanya saja salah satu sesi bisa kita corat atau ceklist secara manual.

Untuk lebih lengkapnya berikut susunan acara pernikahan lengkap yang bisa Anda praktikan pada pernikahan Anda, teman ataupun saudara kerabat:

Pembukaan

Layaknya acara pernikahan pada semestinya. Acara resepsi pernikahan akan dimulai dengan pembukaan yang akan dipimpin oleh MC (Master of Ceremony). Dari bagian sesi pembukaan adalah ucapan rasa syukur dan ucapan terima kasih. Karena lancarnya acara prapernikahan yang sebelumnya telah diselenggarakan. Beserta berisi doa yang cukup singkat untuk kelancaran acara resepsi nikah.

Sambutan Meriah Kedua Pasangan yang akan Naik Ke Bahtera Pelaminan

Sesudah acara pembukaan dimulai. Maka selanjutnya kedua mempelai akan diagendakan untuk memasuki panggung diselenggarakannya resepsi. Baik diselenggarakan di rumah maupun di gedung.

Acara berikutnya adalah naiknya pasangan ke atas pelaminan dan duduk romantis bersebelahan. Dengan didampingi oleh anggota keluarganya (orang tua atau walinya). Yang mendampingi padi sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan pasangan.

Pemberian Ucapan Selamat kepada Kedua Pasangan yang sedang Berbahagia

Bagi tamu undangan yang sudah hadir. MC akan mempersilahkan untuk memberi selamat dan mengucapkan doa kepada pasangan suami – istri baru ini. Beserta kedua orang tua masing-masing calon di atas panggung pelaminan.

Bagi tamu yang terpaksa datang terlambat tidak sesuai jam hadir. Maka akan langsung dipersilahkan untuk memberikan selamat kepada kedua pasangan ini.

Nah sebab alasan inilah umumnya penataan layout ruangan gedung yang digunakan untuk resepsi pernikahan. Akan diatur sedemikian rupa dengan tujuan tamu undangan bisa langsung melangkah ke pelaminan pengantin untuk memberikan selamat sebelum mulai mengikuti acara resepsi.

Menikmati Hidangan Resepsi Pernikahan untuk Tamu Undangan

Tamu undangan yang telah memberikan selamat kepada kedua mempelai  dan kedua orang tua bagi masing-masing pasangan. Kemudian MC akan mempersilahkannya untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan.

Umumnya alunan musik sudah mengiringi sejak dimulainya acara resepsi pernikahan. Hal ini bertujuan untuk menemani tamu undangan dalam menikmati hidangan yang telah disediakan.

Lalu tidak ketinggalan resepsi pernikahan akan diramaikan oleh penampilan live musik. Dari grub band atau tampilan organ tunggal yang telah disediakan oleh panitia pernikahan.

Walaupun dewasa ini persajian makanan dalam bentuk prasmanan makin terkenal / populer. Namun masih banyak juga masyarakat yang lebih memilih untuk menghidangkan makanan/ hidangan pernikahan secara bertahap dari makanan pembukaan sampai hidangan penutup dengan tahap per tahap.

Nah adat seperti ini biasanya kita temukan di jawa. Di mana masyarakat sering menyebutnya dengan istilah “piring terbang”. Karena tamu undangan ini akan melakukan oper piring satu-satu ke tamu undangan yang lain yang berada tepat disampingnya.

Hiburan : Musik dan lain-lain

Untuk hiburan musik umumnya akan ada waktu tersendiri untuk para tamu undangan untuk memperlihatkan bakat mereka dalam bidang tarik suara. Di mana nanti akan diiringi musik dari grub band ataupun grub organ tunggal yang sudah disediakan oleh panitia.

Selain dari pada itu, pihak keluarga pengantin bisa menampilkan hiburan tersendiri. Semisal pertunjukan seni tari tradisional ataupun grub rebana/ marawis. Yang termasuk dalam daftar hiburan bagi tamu undangan yang telah bersedia hadir dalam acara resepsi pernikahan.

Sesi Foto Bersama

Untuk tahapan/ acara berikutnya adalah sesi foto dengan mempelai berdua. Waktunya adalah kurang lebih satu jam sebelum acara resepsi pernikahan akan paripurna. Foto bersama ini akan didahului dengan orang tua dari masing-masing mempelai. Dilanjutkan dengan keluarga dan sanak famili. Untuk urutan pemotretan akan dipandu oleh si MC. Dengan kode memanggil nama orang yang bersangkutan.

Jika memang ada panitia nikah sendiri yang bertugas mengawasi buku tamu. Maka mereka akan memanggilnya untuk foto bersama kedua mempelai dimulai dari tetangga terdekat yang berumur masih muda.

Setelah itu baru giliran dari tamu undangan untuk berfoto bersama kedua pasangan di atas pelaminan. Untuk acara kekinian setelah sesi foto berakhir. Kedua pasangan akan memulai melemparkan buket berisi bunga yang akan dipegang oleh pengantin wanitanya.

Tentu saja adat ini diambil dari prosesi pernikahan dari adat luar negri. Maksud dari lemparan ini adalah siapa saja yang sukses menangkap buket bunga tersebut. Maka akan menjadi “The Next” yang akan menyusul ke jenjang pernikahan berikutnya. Karena mitos benar atau salahnya adat ini tidak dapat dipastikan.

Walaupun begitu tidak ada salahnya untuk memeriahkan suasana. Bisa menambahkan sesi acara ini ke dalam susunan acara pernikahan yang akan Anda lakukan.

Susunan Acara Pernikahan Terakhir : Doa Penutup

Sesudah keseluruhan dari sesi resepsi pernikahan telah dilakukan. Maka MC akan mengumumkan sesi penutupan. Di mana MC ini akan menyampaikan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah bersedia hadir. Dan tak lupa menyampaikan juga rasa bersukur karena acara ini dapat berjalan dengan hikmat dan lancar.

Selanjutnya walaupun acara sudah paripurna masih banyak pula para tamu undangan yang tidak langsung undur diri pulang. Mereka ada yang masih mengambil foto di lokasi resepsi. Terutama di tempat photo booth.

Lalu jika resepsi dilaksanakan di kediaman mempelai. Umumnya ada beberapa tamu undangan yang masih ingin ngombrol santai dengan keluarga mempelai. Atau bahkan ada juga yang ingin langsung bertemu dengan kedua mempelai untuk saling sharing dengan kedua pasangan suami – istri. Barangkali jika Anda merasakan kelelahan bisa mengantisipasi hal demikian.

Dengan demikian acara resepsi pernikahan benar-benar selesai. Perlu Anda perharikan kembali untuk susunan acara pernikahan ini merupakan referensi untuk gambaran Anda kedepannya .

Sudah menjadi hak Anda sepenuhnya jika ingin memodifikasi susunan ini sesuai dengan kebutuhan. Sekalipun Anda hanya sekedar menggelar acara syukuran pernikahan secara sederhana.

Nah demikian panduan lengkap susunan acara pernikahan yang bisa dijadikan Anda bahan referensi. Semoga bermanfaat, jangan lupa tunggu tips-tips pernikahan selanjutnya dari onikah.com. Terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.